Monday, February 03, 2014

Semur Apa Saja

Jadi, pernah suatu hari kakak lagi main ke rumah dan ngobrol dengan si mbak di rumah. Kata kakak, di antara semua saudara,  saya adalah yang paling tidak bisa masak. Bisanya cari duit. Entah itu pujian atau celaan. Hahaha. 

Tapi memang, gaya saya memasak tidak masuk kriteria "bisa memasak" di keluarga. Ibu yang memang jago memasak, masih memakai pakem2 lama. Misal bumbu sebisa mungkin diuleg dan bukan diblender. Kemiri harus digoreng dulu, goreng tempe harus kering dengan api sedang hampir kecil, yada yada yada. Dan kakak2 saya, kebanyakan juga demikian.

Saya? Karena guru saya adalah pinterest, maka memasak itu kalau bisa sepraktis mungkin, toh hasil akhir yg penting rasa kan? :D Suka otak atik dan modifikasi resep berdasar bahan yg ada. Karena itu kakak dan ibu saya selalu bilang..saya tidak bisa memasak. Ha!

Contohnya semur ini nih..kalau di lemari es sedang banyak bahan2 sisa yg jumlahnya sedikit2, saya akan memasaknya menjadi semur atau brongkos. Resep aslinya semur entah apa, tapi resep modifikasi ini ngga mengecewakan kok.

Bahan - bahan :
- 7 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1 cm jahe
- 1 sdm ketumbar bubuk
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1 batang serai
- 2 lembar daun salam
- kecap manis
- saos teriyaki

Isi semur :
Ayam, telur, tahu, tempe, wortel, kentang (tergantung kesediaan bahan)

Cara membuat :
1. Blender semua bumbu ( bawang merah, putih, jahe, ketumbar, merica ) , lalu tumis dg daun salam dan serai.
2. Masukkan semua isi semur, tambah air dan kecap dan garam.
3. Rebus sampai berkurang airnya.

Demikian saja dan selamat makan siang.

Posted via Blogaway

No comments: