Sunday, November 20, 2005

tentang [filem] Belahan Jiwa - Soulmate

benernya saya lumayan males untuk mereview filem, tapi gpp lah, mumpung filem ini masi segar di ingatan saya, let me give you the clue. this film tell us about multiple character of Cempaka, yang di peranin ma Dian Sastro. krn trauma di masa kecil, cempaka yang berasal dari keluarga brantakan, beribukan seorang penjahit, dan bapaknya pelukis. nah, cempaka kecil ini menyaksikan dengan mata kepalanya ketika terjadi perkelaihan antara bapak dan ibunya, yang berakhir dengan pembunuhan ibu nya oleh bapaknya ndiri dengan cara dicekik dengan tali. setelah membunuh ibu nya, sang bapak kemudian memperkosa cepaka kecil, dan setelahnya bunuh diri dengan caragantung diri. okie,then si cempaka kecil hamil, dan keguguran. disitu ga disebutin seh brapa umur cempaka, tapi klo saya perkirakan, cempaka kecil saat itu sekitar umur 8 or 9 taon. eh, umur segitu udah menstruasi yah..kok bisa sampe hamil ? hamil bisa terjadi klo cewe udah mens khan ? perasaan umur saya segitu belon mens deh..

loh.. kok jadi ngomongin masa mens saya ?! hihi *enough*

nah..kejadian2 seperti itu akhirnya ber efek pada cempaka. dia jadi punya trauma dan menjadikannya mempunyai kepribadian ganda. nah, kepribadian yang muncul di dirinya bukan hanya satu karakter, melainkan 4, yap..bayangin ajah satu otak dengan 4 karakter selaen karakternya ndiri. merepotkan kan ?! saya aja yang pernah merasa punya satu kharakter yang beda di otak sudah merasa kelimpungan, dan setengah gila, apalagi ini yang 4 kharakter?! *kok jadi ngomongin saya lagi?!??!?!?*

okeh.. gini, empat kharater yang di ciptain si cempaka ini yakni Cairo (Racheal maryam), seorang pelukis yang aneh, dmn dia memakai darahnya sendiri sebagai cat air, keren khan!? lalu ada si farlina ( dina oktavia) , seorang perancang busana yang merancang kutang, hehe.sebuah pemberontakan pada bangsa yang munafik. trus si baby blue (nirna zubir), yang terus2an mempertanyakn kematian sodara kembarnya , si baby pink (yang tentu saja juga di perannin nirina zubir), yang mati krn kecelakaan. nah, disini saya suka adegan pas si baby blue mempertanyakan kematian pada tuhan, "tuhan, jika kamu menciptakan kami sebagai sepasang kembar, kenapa kamu mengambil salah satu dari kami?". okeh, enough bout baby blue. kharakter yang trakhir adalah arimbi (marcella) yang berperan sebagai seorang psikiater yang menangani katrina ( indah kalalo) yang berkepribadian ganda. padahal dalam nyatanya, justru indah kalalo lah yang sedang membantu dan menangani cempaka dan kepribadian gandanya.

dan cempaka sendiri punya cowo, Bumi (Alex wiguna). nah, dia juga membuat ke empat karakter laennya yang menobatkan diri sebagai soulmate untuk sama2 menjalin hubungan dengan bumi. asyik yah jadi bumi, dicintai 5 cewe cakep dan sexy.. huiiihhh!!

singkat cerita, krn ga kuat menghadapi banyak dorongan dari kharakter2nya, akhirnya cempaka bunuh diri. dan cara gantung dirinya.. keren!!! klo ga salah di kebun raya bedugul bow!!! oya, ini filem mengambil setting di bali. ada gereja yg di kepundung, lalu rumah sakit sanglah, ada kebun raya de el el..de el el.

ceritanya ndiri?! klo menurut saya seh, ini filem lumayan bagus. beda genre lah dari kebanyakan filem indonesia. ngangkat tema psikiatis, diolah dalam bentuk thriller. cuman saya tak terlalu puas dengan yang peranin bumi, terlalu ke banci2an, hhehehhe!! harusnya di cari tipikal cowo yang garis muka nya lebih tegas. trus hal laennya, pas klimaks, kurang greget. harusnya ga semudah itu dunk si cempaka bunuh diri, sebaikanya ada pertentangan yang lebih seru antara karakter2na. dan yang bikin gemes lagi, masa seh..pada akhir cerita, dijelaskan bagaimana dan kenapa cempaka itu. duhhh..knapa seh ga dibiarkan cerita berhenti pas adegan cempaka bunuh diri aja ?! dan biarkan ending brakir ngambang gitu.?!

eh, eh.. tapi kali repot juga ding klo dibiarkan ngambang gitu. lha wong dah dijelasin ajah, pas saya ke rest room, masi ada anak smp2 yang nonton bareng saling bertanya2 pada temannya :
si A : eh, knapa yang kok tadi si baby blue bisa ga nemuin rumah bumi?
si B : loh..kok tiba2 muncul cempaka, trus si arimbi endeskoi..endeswei..
si C : aduh..pening gw , ga ngerti ceritanya.
bla..bla..bla.. dan masih banyak koment2 orang yang membuat saya makin bingung, "halooooo...kalian tadi bener2 nonton kan? ga ketiduran khan?!"

No comments: